Friday , 19 July 2019
Home > Wisata Keluarga > Lawang Sewu Semarang, keindahan Di Balik Bangunan Mistis

Lawang Sewu Semarang, keindahan Di Balik Bangunan Mistis

Menikmati liburan di kota Semarang ternyata masih terasa kurang jika melupakan tempat yang bernama Lawang Sewu. Yap, wisata yang fenomenal di Kota Semarang ini memang selalu menjadikan daya tarik bagi setiap pelancong untuk berkunjung ke Semarang, dan yang perlu anda ketahui juga, bahwa Lawang Sewu juga sudah termashur namanya di luar negeri. Oleh Google Earth Tempat ini dinobatkan sebagai tempat wisata paling angker didunia ketika menyambut Halloween 2017.Tak ayal banyak bule bule yang selalu menikmati liburannya di kota lumpia ini.

Sejarah Keberadaan  Lawang Sewu

Banyak orang mengetahui wisata Lawang Sewu dari cerita-cerita mistis saja tanpa mengetahui asal muasal bangunan yang sebenarnya.Bangunan tua yang berada di tengah kota Semarang ini merupakan salah satu peninggalan Belanda di kota Semarang. Gedung ini dibangun ditahun 1904 – 1907, Semasa penjajahan belanda bangunan ini merupakan sebuah pusat kereta api Indonesia. Pasca kemerdekaan RI bangunan ini sempat menjadi Markas  Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia(DKARI) cikal bakal KAI ( Kereta Api Indoneisa ) setelah sebelumnya dipergunakan oleh penjajah Belanda sebagai tempat kantor NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) sebuah perusahaan Kereta api terpenting di Hindia Belanda.

Selain cerita diatas  gedung Lawang Sewu juga pernah menjadi saksi bisu pertempuran antara AMKA (angkatan Pemuda kereta Api) dengan Penjajah jepang. Pertempuran tersebut terjadi ketika AMKA ingin mengambil alih keretaapi dari penjajahan Jepang. Beberapa pemuda gugur dalam pertempuran tersebut yang kemudian dimakamkan di pelataran gedung, dan akhirnya setelah puluhan tahun kemudian para jenazah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan .

Nama Lawang sewu sendiri diambil dari bangunan yang memiliki pintu yang banyak. Dalam bahasa jawa Lawang merupakan pintu dan sewu berarti seribu, jadi dalam bahasa Indonesia Lawang sewu merupakan pintu seribu. Meskipun pada kenyataannya pintu bangunan tersebut tidak ada seribu melainkan hanya berjumlah 342 buah saja. Namun memang jika dihitung dengan semua daun pintunya mencapai 928.

Meski sudah berdiri ratusan tahun lamanya, kini bangunan Lawang Sewu masih tetap kokoh dan tampak megah . Arsitektur bangunan ini memiliki sensasi tersendiri dimata pengunjung. Tempat ini sangat apik digunakan untuk swafoto maupun tempat penjepretan bagi model model yang cantik.

Tak hanya siang hari saja, pada malam haripun tak sedikitorang mengunjungi tempat yang fenomenal ini. biasanya para pengunjung menikmati malam sembari duduk santai di pelataran maupun di trotoar jalan sekedar menghilangkan penat setelah seharian melakukan aktifitas padat.

Memasuki bangunan Lawang Sewu anda akan menemui satu arsitektur bangunan tua yang begitu megah, bagi kamu yang cinta akan sejarah sangat cocok mengunjungi tempat ini. terdapat beberapa spot yang menarik  yang tak boleh anda lewatkan yaitu hiasan dinding berkaca patri yang ada dibawah gedung utama. Hiasan ini memiliki tinggi kurang lebih 2 meter dan dibagi dalam 4 panel besar.

Selain menawarkan keindahan, arsitektur bangunan ini juga dirancang dengan banyak pertimbangan. Diantaranya memiliki banyak pintu yang berguna untuk sirkulasi udara, serta semua ruangan dibuat saling terhubung dengan alasan perihal keamanan. Bahkan saluran air yang berada dilorong bawah tanah yang terkenal angkernyapun memiliki fungsi tersendiri sebagai pendingin bangunan diatasnya. Lorong lorong tersebut juga terhubung dengan beberapa bangunan dikota lama yang berada dikota Semarang.

Tak cukup dengan nuansa keindahan bangunan, Wisata Lawang sewu juga terdapat museum kereta api, bertempat di gedung utama yang bernbentuk Huruf L.

Gedung ini menyimpan banyak ertafek, foto, tiket kereta api kuno, duplikat lokomotif, diorama,dan juga keterangan mengenai sejarah keretaapi di Indonesia, serta sejarah mulai berdirinya Lawang Sewu sampi dipugar ditahun 2011. Jika masih bingung membayangkan, anda bisa datang dan melihat sendiri gambar serta gambaran film singkat dari beberapa peristiwa yang terjadi Di lawang sewu.

Museum ini juga masih menyimpan mesin tik, mesin hitung kuno. Ada juga perpustakaan yang berisi buku buku tentang kereta api.

Anda juga bisa menyewa tour guide dengan biaya tambahan Rp30.000 dipintu masuk. Dengan ini anda tidak usah repot repot membaca penjelasan di museum, karena orang tersebut akan menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan lawang Sewu.

Kegiatan lain Di Lawang Sewu

Selain mengetahui sejarah Lawang sewu, anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti foto foto. Ditempat ini ada banyak spot spot yang cocok digunakan sebagai latar belakang selfie.

Anda bisa mengambil jepretan foto di depan gedung yang terlihat dari jalanan. Jika menginginkan semua tertangkap kamera, anda bisa berpose dari tugu muda.

Kamu juga bisa berpose didepan lokomotif kuno, yang dibuat ditahun1908 (kabarnya lokomotif ini beroperasi hingga tahun 1980). Dan masih banyaklagi tempat tempat indah nan apik yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang ketika anda melakukan kunjungan wisata Lawang sewu.

Rute Menuju Lawang Sewu

Tempat wisata Lawang Sewu berada di lokasi yang amat strategis. Wisata ini berada di jantung kota Semarang tak jauh dari kantor balaikota Semarang. tepatnya berada di komplek tugu muda Jl. Pemuda, Sekayu,Semarang tengah, Kota Semarang, jawa Tengah 50132.

Dari Bandara ahmad Yani

Anda bisa naik bus (BRT) koridor IV arah stasiun tawang. Namun kamu tak perlu sampai di stasiun tawang, anda cukup berhenti dan turun di halte pasar bulu. Dari sini anda bisa mengendarai angkot orens jurusan karang ayu dan kamu bisa berhenti didepan lokasi wisata lawang sewu.

Jika kamu tidak ingin ribet dari bandara, kamu bisa langsung memesan taxi ataupun transportasi online.

Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang

Jika anda kebetulan mengendarai kereta api dan turun di stasiun poncol ataupun stasiun tawang, anda bisa keluar kepintu utama stasiun dan cari BRT koridor IV arah cangkiran. Turun di balaikota Semarang kemudian jalan kea rah selatan kurang lebih 100 m sudah sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang sewu

Jam buka lawang Sewu Mulai dari Jam 07.00 – 21.00 WIB

Harga tiket

Dewasa dikenakan biaya Rp 10.000

Anak anak Dibawah 12 tahun Rp 5.000

Pelajar Rp 5.000

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *