Thursday , 24 January 2019
Home > Wisata Alam > Kebun Raya Bali Bedugul, Wisata Keluarga Istimewa

Kebun Raya Bali Bedugul, Wisata Keluarga Istimewa

Kebun Raya Bali Bedugul –Merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Bali yang sangat istimewa. Tempat wisata ini terkenal sebagai kebun raya pertama yang dibangun oleh warga negara Indonesia. Pada awalnya, Kebun Raya ini terkenal dengan nama Kebun Raya Eka Karya Tabanan, namun seiring berjalannya waktu dikenal luas dengan nama kebun Raya Bali.

Selain cocok sebagai tempat wisata keluarga, Kebun Raya Bali Bedugul ini juga sangat pas bila dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan. Disana, travellers bisa bersantai dan berekreasi sembari mempelajari hal-hal terkait tumbuhan yang ada. Karena terletak diwilayah beriklim tropis, maka tumbuhan yang bisa sobat travellers temui disana sebagian besar adalah tumbuhan hujan tropis. Selain melihat dan mempelajari tumbuhan hutan tropik, travellers juga bisa melihat indahnya berbagai macam burung yang hidup diwilayah Kebun Raya.

Sejarah Kebun Raya Bali

Pembangunan Kebun Raya Bali Bedugul diprakarsai oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo yang merupakan Kepala semua Kebun Raya di Indonesia dan I Made Taman yang merupakan Kepala Badan Konservasi Lingkungan dan Pelestarian. Kebun Raya ini dibangun diatas area seluas 50 hektar dan diresmikan oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo pada tanggal 15 Juli 1959 dengan nama Kebun Raya Eka Karya.

Koleksi Tumbuhan dan Satwa di Kebun Raya Bali

Bila sobat travellers berkunjung ke Kebun Raya Bali maka kalian bisa melihat dan mempelajari berbagai jenis tanaman yang tumbuh disana. Sobat bisa melihat bunga anggrek, mawar, tumbuhan paku, kaktus, tanaman obat dan masih banyak lagi. Tumbuhan-tumbuhan itu diambil dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia seperti Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan juga Maluku. Selain melihat tanaman, kalian juga bisa mengamati sekitar 79 spesies burung yang hidup disana. Hum Pasti sangat mengasyikkan ya guys bisa melihat tumbuhan dan burung yang beranekaragam.

Lokasi Kebun Raya Bali

Kebun Raya ini terletak didaerah pegunungan Bedugul dengan ketinggian diantara 1250-1450 MDPL. Di lokasi ini pengunjung bisa merasakan suasana sejuk karena suhu udaranya berkisar antara 10-15 derajat celcius malam hari, dan 17-25 derajat celcius pada siang hari. Bila kalian ingin pergi kesana maka kalian harus menempuh jarak sekitar 60 Kilometer dari kota Denpasar.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali dibuka mulai pukul 08.00 – 18.00 Waktu Indonesia Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini maka sobat travellers harus membayar tiket masuk.

Harga Tiket

Domestik        Rp. 9.000,-

Asing                 Rp. 17.000,-

Parkir Roda 2  Rp. 3.000,-

Parkir Roda 4  Rp. 6.000,-

Parkir Roda 6  Rp. 11.000,-

Mobil Masuk     Rp. 11.000,-

Lokasi Wisata terdekat disekitar Kebun Raya Bali

Baca Juga: Garuda Wisnu Kencana Bali (GWK)

Spot Menarik di Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali menyediakan banyak spot menarik untuk berselfie atau berswafoto ria guys. Pasti kalian akan merasa puas dengan berbagai spot indah dan menarik tersebut. Berikut beberapa spot menarik di Bali:

Lake Beratan View di Kebun Raya Bali
Kumbakarna Laga Statue Kebun Raya Bali
Candi Bentar Kebun Raya Bali
Sobat Travellers Bisa Menikmati Bunga Mawar Indah di Kebun Raya Bali
Ramayana Boulevard Kebun Raya Bali

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *