Thursday , 24 January 2019
Home > Wisata Anak > Joger Bali, Oleh-Oleh Unik dan Khas Bali

Joger Bali, Oleh-Oleh Unik dan Khas Bali

Joger – siapa sih yang gak kenal dengan nama ini, pasti semua orang tahu, apalagi para travellers tentu sangat familiar dengan istilah Joger. Nah, ketika mendengar istilah tersebut pasti akan teringat dengan wisata belanja Bali. Yups, Joger merupakan salah satu oleh-oleh unik dan khas yang ada di Bali. Lantas apa sih keunikannya? Satu hal yang paling membuat Joger ini begitu khas dan unik adalah produk kaosnya yang ditulis dengan kata-kata khas Joger. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca ulasan lengkap tentang Joger di artikel ini.

Sejarah Joger Bali

Joger merupakan sebuah akronim dari dua nama yaitu Joseph Theodorus Wuliandi (sang perintis dan pemilik Joger) dan Gerhard Seeger (sahabat Joseph Theodorus Wuliandi). Ceritanya, mereka berdua merupakan teman sekolah di Hotelfachshule, Bad Wiesee, Jerman Barat, tahun 1970-an. Pada tahun 1981, ketika Joseph menikah sahabatnya itu memberinya hadiah berupa uang sebesar $20.000, uang yang sangat banyak bukan? Bila Dinominalkan ke Rupiah dengan nilai kurs Rp. 14.000,00 maka sekitar Rp. 280.000.000,00. Nah, dari uang itulah kemudian sang pemilik menjadikannya sebagai modal usaha. Untuk menghargai jasa kawannya itu maka dia menggabungkan nama kawannya dengan namanya menjadi JOGER (Jo: Joseph, Ger: Gerhard).

Lokasi Joger Bali

Bila sobat travellers pergi ke pantai Kuta maka kalian bisa langsung mampir ke Joger. Yah, lokasinya berada di Jalan Raya Kuta. Letaknya yang berdekatan dengan Jalan Raya dan wisata pantai Kuta menjadikannya tempat yang sangat strategis. Ketika kalian sudah selesai bermain dan bersenang-senang di pantai, kalian bisa pergi ke Joger yang berjarak kurang lebih 1,5 kilometer dan waktu yang diperlukan sekitar 20 menit. Sangat dekat bukan? Bila Kalian kesana jangan kaget ya sobat karena pasti akan penuh sesak. Meskipun tempat parkir yang disediakan sudah sangat luas namun selalu penuh hal itu karena Joger memang menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Bali.
Selain didekat pantai Kuta, ada juga Joger yang berada di Luwus Bedugul. So, jika sobat traveller memprioritaskan untuk berwisata ke Bedugul maka kalian bisa membeli oleh-oleh Joger di Jalan Mekarsari No.16, Luwus, Baturiti Bedugul.

Keunikan dan Kekhasan Joger Bali

Yang paling Khas dan unik di Joger adalah kata-kata unik, agak nyeleneh, dan asik yang telah menjadi trademark Joger. Setiap barang yang dijual di tempat ini semuanya pasti ada kata-kata unik yang membuat pembeli terpikat untuk membawanya pulang kerumah. Di tempat ini, kalian bisa membeli berbagai macam oleh-oleh atau souvenir seperti kaos, tas, gantungan kunci, gelas, dan berbagai macam souvenir kecil-kecil lainnya.

Harga Produk Joger

Setiap barang yang dijual di Joger pasti memiliki tulisan unik dan khas. Barang-barang unik khas Joger itu dijual dengan harga yang sangat bervariasi dan terjangkau. Kisaran harganya antara 3K-600K. Untuk barang-barang kecil seperti pernak-pernik sangat terjangkau harganya yaitu 3K sampai 10K/buah. Bila sobat mencari alas kaki khas Joger maka siapkan uang 25K -60K. Kaos oblong/T-shirt dibanderol dengan kisaran harga 100K sampai 200K. Yang paling mahal adalah produk tas yang dihargai antara 100K-300K. Biasanya, para wisatawan banyak membeli kaos oblong dengan tulisan Joger sebagai ciri khas bahwa mereka telah sampai ke Bali.

Baca Juga: Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali

Jam Buka di Joger

Outlet Joger di dekat pantai kuta buka mulai pukul 10.00 – 20.00, sedangkan outlet di Luwus Bedugul buka pada pukul 10.00 – 18.00 . Hum cukup singkat ya sobat jam bukanya. Hal itu bisa dimaklumi karena semakin banyaknya pelanggan yang datang ke outlet ini sehingga pegawainya pun pasti capek melayani pengunjung yang begitu banyaknya yang seolah tidak akan ada habisnya. Bila sobat traveller ingin berkunjung dan membeli oleh-oleh di Joger sebaiknya jangan sampai mepet waktu sore hari karena sudah pasti antriannya akan mengular saking panjangnya.

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *