Friday , 19 July 2019
Home > Wisata Alam > Garuda Wisnu Kencana Bali, Megahnya Taman Budaya GWK

Garuda Wisnu Kencana Bali, Megahnya Taman Budaya GWK

Garuda Wisnu Kencana Bali merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang berada didalam sebuah kompleks yang disebut dengan Taman Budaya GWK (Garuda wisnu Kencana). Objek wisata ini sangat terkenal karena didalamnya terdapat Patung Megah Garuda Wisnu Kencana yang menjadi pusat perhatian bagi para pengunjung. Setiap harinya banyak sekali wisatawan baik local maupun asing yang singgah ke GWK. Tentunya, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan alternatif bila sobat traveller ingin berwisata pendidikan maupun budaya.

Lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali

Sobat traveller perlu tahu jika GWK merupakan taman wisata budaya yang sangat luas dan megah. Jika kalian mengunjungi Taman Budaya GWK maka jangan kaget karena luasnya sekitar 240 hektar, sangat luas bukan? Lokasi seluas itu terletak di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Kepala Wisnu di GWK Bali

Rute Menuju GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Sobat travellers, bila kalian suka bepergian dengan naik pesawat dan turun di Bandara Internasional Ngurah Rai, maka rute menuju GWK bisa sangat dekat. Ya, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai kesana dengan lalu lintas normal. Lalu bagaimana kalau sobat traveller pergi lewat jalur darat? Tenang, kalian bisa naik taksi, ojek online atau bahkan sewa mobil plus sopir yang bisa mengantar kalian ke lokasi karena tempatnya hanya sekitar 40 Kilometer sebelah selatan Denpasar, Ibukota Bali.

Patung Garuda wisnu Kencana Nampak Samping dari Udara

Sejarah Singkat Taman Budaya GWK

Pada tahun 1992 Taman Budaya GWK ini didirikan atas prakarsa Yayasan Garuda Wisnu Kencana. Pastinya, untuk membangun sebuah taman budaya yang megah seperti saat ini tidaklah mudah. Setelah pencarian lokasi yang memakan waktu selama lebih dari 1 tahun akhirnya pihak pengelola menemukan tempat yang dianggap sesuai yaitu di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Setelah itu dari pihak yayasan memilih I Nyoman Nuarta yang mana seorang konseptor dan arsitek untuk membuat patung Garuda Wisnu Kencana. Akhirnya pada tahun 2018 Pembanguanan GWK selesai dan berdiri dengan megah.

Patung Garuda Wisnu Kencana dalam Tahap Akhir Pembangunan

Keistimewaan didalam Taman Budaya GWK

Keistimewaan Taman Budaya GWK ini yaitu terletak pada Patung Garuda Wisnu Kencana yang telah selesai pembangunannya pada 2018. Patung ini memiliki ketinggian sekitar 121 meter dengan lebar 60 meter. Dinamakan Garuda Wisnu Kencana karena patung ini menampilkan Patung Dewa Wisnu yang sedang menaiki Burung Garuda yang sangat besar. Patung Garuda Wisnu Kencana ini sekaligus menjadi landmark Kota Bali dan menjadi patung tertinggi di Indonesia sekaligus patung tertinggi kedua di dunia, keren buka? Pasti sobat traveller jadi bertambah gak sabar untuk segera pergi tempat ini kan? Lekas atur waktu liburan dan pergi kesana ya sobat biar gak penasaran.

Patung Garuda Wisnu Kencana Nampak dari Depan

Selanjutnya, selain bisa menyaksikan dan berswafoto ria dengan megahnya patung GWK ini, pengunjung juga bisa menikmati sensasi melihat sunset yang eksotis dari tempat ini. Didalam taman budaya ini sobat traveller bisa menyaksikan juga hiburan-hiburan yang bervariasi dari pagi-malah hari, hum dijamin gak bakalan jenuh deh kalian sobat travellers.

Baca Juga: Wisata Alam, Air Terjun Aling-Aling Bali

Fasilitas yang ada didalam GWK

Didalam GWK, pengunjung bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang telah dibangun dengan begitu megahnya. Adapun fasilitas yang bisa sobat travellers nikmati seperti:

Wisnu Plaza GWK Bali
Street Theatre GWK Bali
Lotus Pond GWK Bali
Indraloka Garden GWK Bali
Pertunjukan di Amphitheatre GWK Bali
Tirta Agung GWK Bali

Harga Tiket Masuk GWK

Untuk dewasa, harga tiket masuknya yaitu Rp. 80.000/orang, sedangkan untuk anak-anak, biayanya Rp 60.000/anak. Namun tenang, untuk sobat traveller yang membawa adiknya atau sanak familinya dengan tinggi dibawah 110 cm dan usia belum mencapai 5 tahun maka tidak dipungut biaya apapun. Untuk jadwal pertunjukan tari Kecak di wisata ini yaitu dimulai pukul 18:30 – 19.15. (Harga Tiket Bisa Berubah)

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *