Home > Galeri > Foto > Candi Gedong Songo, Wisata Sejarah Yang Berpadu dengan Wisata Alam Yang Sangat Memukau

Candi Gedong Songo, Wisata Sejarah Yang Berpadu dengan Wisata Alam Yang Sangat Memukau

Wisata Candi Gedong Songo– Jawa Tengah memang cukup terkenal dengan beberapa destinasi wisata sejarah peninggalan para leluhur. Salah satu peninggalan yang kerap menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun manca Negara adalah bangunan candi. Mendengar kata candi pasti akan timbul dibenak kita dengan nama candi Prambanan ataupun candi Borobudur. Namun kali ini kita akan membahas tentang wisata candi yang terletak di wilayah kab Semarang jawa tengah yaitu candi Gedong Songo.

Candi gedong songo merupakan destinasi wisata yang cukup digemari para wisatawan. Ribuan pelancong berdatangan setiap minggunya, apalagi jika musim liburan tiba, gedong songo makin kian ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun manca Negara. Paduan wisata sejarah dengan pemandangan alam yang eksotis membuat banyak orang enggan melupakan tempat yang satu ini. wajar wisata murah di Semarang ini berada  di lereng gunung Ungaran, sehingga pemandangannya sangat indah dengan udaranya sangat sejuk tanpa banyak polusi seperti halnya wisata wisata di kota.

Sejarah Candi Gedong Songo

Wisata Candi Gedong Songo adalah salah satu dari sekian banyak peninggalan budaya agama Hindu yang dulu sempat jaya di Nusantara beberapa abad silam. Candi tersebut diperkirakan dibangun pada masa Wangsa Syailendra sekitar abad ke 9 ( 927 M ). Namun seiring dengan perubahan zaman, candi gedong songo sempat hilang karena tidak mendapat perhatian. Hingga pada tahun 1804 candi gedong songo kembali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, dan sejak saat itu Mendapatkan Perhatian secara Khusus dari pemerintahan belanda pada saat itu. Dalam catatan sejarah, penemuan tersebut telah dimulai sejak tahun 1740.

Pada Awal penemuannya, Candi Gedong Songo Baru bisa ditemukan hanya sebanyak 7 buah bangunan candi saja, maka dari itu dahulu sempat di namai dengan candi pitu. Namun pada tahun 1908-1911 seorang arkeolog dari belanda bernama Van Stein Callenfels kembali menemukan 2 buah bangunan candi ketika sedang melakukan penelitian di komplek candi 7. Wal khasil, karena bangunan candi bertambah menjadi Sembilan, akhirnya nama candi pitu diubah menjadi candi gedong songo. Songo merupakan penamaan angka Sembilan dalam bahasa jawa. Meskipun saat ini hanya masih tersisa 5  candi saja, sisannya hanya bisa anda lihat dalam wujud reruntuhan saja karena kerusakan alam. Kesembilan candi terbagi menjadi beberapa komplek.

Pada tahun 1928-1929 candi Gedong Songo dilakukan pemugaran yang pertama kali oleh pemerintah colonial Belanda. Dan setelah merdeka, pemerintah Indonesia kembali melakukan pemugaran pada tahun 1977-1983.

Yang menarik di Wisata Gedong Songo

Ada beberapa hal yang menarik saat anda berkunjung di gedong songo. Mulai dari bangunan candi peninggalan sejarah hingga sampai pemandangan alam yang menakjubkan. Nah berikut ini berberapa aktifitas wisata yang bisa anda lakukan di tempat wisata candi gedong songo.

Belajar sejarah

Dengan berkunjung ke candi gedong songo anda bisa melihat bangunan peninggalan masa lalu. beberapa rombongan pelajar sering berkunjung ketempat ini melakukan study tour ataupun melakukan penelitian secara khusus.

Wisata Camping

Lokasi wisata yang sangat luas yang berpadu dengan udara yang sangat sejuk karena berada di lereng pegunungan, membuat candi gedong songo banyak diminati para wisatawan camping. Saat liburan sekolah tiba, banyak sekolah sekolah di daerah Semarang yang menjadwalkan melakukan camping di lokasi wisata ini. camping juga banyak dilakukan oleh para wisatawan yang gemar menikmati alam luar. Biasanya para wisatawan yang camping disini ingin mengabadikan moment sunrise atau terbitnya matahari di pagi hari.

Berswafoto di tempat tempat yang instagramble

Lokasi yang luas yang berpadukan dengan nuansa lereng pegunungan menjadikan banyakknya spot spot yang menarik untuk berfoto. Para pengunjung bisa berswafoto di sekitar bangunan bangunan candi peninggalan kerajaan hindu kuno. Atau jika tidak, pengunjung bisa berfoto dengan background rawa pening yang terlihat dari kejauhan ( lokasi rawa pening berada di kota Ambarawa namun terlihat dari ketinggian lereng gunung ungaran atau di lokasi candi gedong songo ). Khusus pengunjung yang bermalam di area wisata mendapatkan bonus foto dengan background sunrise atau waktu terbitnya matahari yang sangat memukau.

Wisata Kuda

Lokasi wisata gedong songo memiliki area yang cukup luas karena keberadaan candi memang terbagi menjadi beberapa komplek. Apalagi dengan jalan yang naik turun menjadikan para pengunjung lelah saat mengunjungi beberapa komplek candi. Namun anda tak perlu khawatir, karena selain berjalan kaki anda juga bisa memilih mengnedarai kuda yang disediakan para pemilik kuda di daerah sekitar. Dengan mengeluarkan uang anda akan di antar menuju ke komplek komplek candi gedong songo, mulai dari candi satu sampai candi ke 9.

Berendam di air hangat alami

Dilokasi gedong songo juga terdapat semburan air panas alami yang berada di lembah kecil tepatnya dalam perjalanan menuju komplek candi IV. Ditempat ini pula juga disediakan tempat pemandian yang dikhususkan bagi para pengunjung yang hendak berendam air hangat. Tapi jangan heran jika airnya sedikit berbau tidak enak, karena air tersebut adalah air belerang. Biasanya para pengunjung yang memiliki penyakit gatal gatal menyempatkan diri madi dilokasi ini.

Lokasi Candi Gedong Songo

Alamat Candi gedong songo berada di Dusun Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Rute menuju Candi Gedong Songo

Gedong songo berada di jarak 45 km dari kota Semarang, 25 Km dari kota ungaran, dan 15 km dari kota Ambarawa. Adapun untuk rutenya sebagai berikut :

Dari pusat kota Semarang : Semarang- Ungaran- Menuju Bandungan- Gedong Songo

Dari kota magelang – menuju Ambarawa-Belok Kiri menuju Bandungan – Gedong Songo

Dari Solo Ikuti Jalan arah ke Semarang sampai di terminal Bawen belok kiri arah Ambarawa kemudian belok kanan menuju Bandungan – Gedong Songo

Agar tidak bingung silahkan buka Google MAP  

Lokasi candi gedong songo berada di ketinggian 1200 m diatas permukaan laut dengan ukuran udara sekitar17- 18 derajat celcius, Hal tersebut membuat udara disana cukup sejuk dan dingin. Makanya , bagi para pelancong dianjurkan membawa pakaian penghangat.

Harga Tiket Candi Gedong songo

Harga Tiket candi gedong songo cukuplah murah karena hanya di bandrol Rp. 8000,00 untuk wisatawan Lokal dan Rp. 75.000,00 untuk wisatawan manca Negara. Para pengunjung juga masih dikenai biaya tambahan jika menikmati fasilitas naik kuda, ataupun mandi di pemandian air panas.

Nb : Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Itulah tadi informasi tentang wisata Candi Gedong songo, Rute Menuju gedong songo, serta harga tiket masuk gedong Songo.

Baca Juga :
Saloka Theme Park, Wisata Keluarga Terluas Di Jawa Tengah

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *