Home > Wisata Alam > Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Alam di Gunungkidul Yang Indah

Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Alam di Gunungkidul Yang Indah

Destinasi wisata di Gunungkidul seolah-olah tak ada habisnya dan selalu bermunculan. Sigap dan tanggapnya pemerintah Gunungkidul menjadi salah satu peranan penting sehingga mendongkrak tempat-tempat wisata tersembunyi di Gunungkidul mampu mendatangkan wisatawan-wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain terkenal dengan wisata pantai yang cantik, salah satu tempat wisata tersembunyi yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh traveler adalah air terjun Kedung Kandang. Tempat wisata yang cukup eksotis serta mampu memikat mata yang memandang dengan kecantikannya yang membelah hijaunya persawahan milik warga Gunungbutak, Nglanggeran, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kab. Gunungkidul.

wisata-air-terjun-kedung-kandang

Karena tempat wisata alam ini belum lama ditemukan dan menjadi destinasi wisata di kab. Gunungkidul tentunya masih membutuhkan perjuangan dan mempersiapkan tenaga yang ekstra untuk dikeluarkan ketika hendak mengunjungi curug Kedung Kandang ini. Dari tempat parkir kendaraan masih harus menyusuri jalan setapak sekitar 1 Km.

Bagi orang yang sering mendaki gunung tentunya akan menjadi kesenangan tersendiri, karena perjalanan menuju air terjun Kedung Kandang harus menyusuri dan menuruni bukit kecil yang cukup curam namun akan terbayarkan dengan suasana serta keindahan wisata alam yang jauh dari keramaian kota dan polusi udara.

pemandangan-alam-menuju-curug-kedung-kandang

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini, selain panoramanya yang indah dan mempesona, air terjun Kedung Kandang juga cukup unik. Keunikan itu terbukti dengan bentuknya yang bertingkat-tingkat dan ketinggiannya mencapai kurang lebih 25 meter.

Bentuk air terjun yang semacam ini memang sangat jarang sekali dijumpai bahkan di wilayah kabupaten Gunungkidul dan Yogyakarta baru ditemukan di sini saja. Jadi sudah tidak mengherankan lagi jika Kedung Kandang menjadi salah satu tempat wisata pegunungan yang banyak dikunjungi para traveler di tanah air.

Keberadaan air terjun yang indah ini tidaklah jauh dari Gunung api Purba Nglanggeran, tepatnya berada di kaki gunung Purba Nglanggeran Yogyakarta. Karena wisata ini merupakan wisata  alam pegunungan tentunya ketika Anda menuju ke tempat ini bukan hanya disuguhi dengan kecantikan air terjun saja, akan tetapi di sepanjang perjalanan Anda akan di suguhi dengan kecantikan pemandangan alam dengan udara yang sejuk dan segar serta jauh dari kebisingan kota.

air-terjun-kedung-kandang-gunungkidul-yogyakarta

Ada hal penting yang harus kamu ingat sebelum memutuskan untuk menuju ke lokasi air terjun Kedung Kandang.

Karena air terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman yang ada pada saat musim hujan saja maka datanglah ke air terjun ini pada saat musim hujan tiba atau paling telat pada saat perpindahan musim penghujan ke kemarau. Karena, pada saat musim kemarau airnya akan sedikit dan bahkan bisa benar-benar mengering sehingga hanya terlihat bebatuan tanpa keindahan air terjun.

curug-kedung-kandang-jogja

Rute menuju Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul Yogyakarta

Rute untuk menuju wisata air terjun Kedung Kandang juga sangat mudah baik dari Jogja arah timur maupun dari Jogja arah barat.

Rute untuk menuju air terjun Kedung Kandang dari Jogja atau arah barat.

Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang atau Bukit Patuk – Perempatan timur Radio GCD FM ke kiri – Ngoro-oro – Setelah Puskesmas Patuk 2 ke kanan – Sekretariat Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran – SDN Nglanggeran -Pertigaan belok kiri – Pertigaan setelah Lapangan ke kanan lihat papan petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba.

Rute menuju air terjun Kedung Kandang dari Wonosari atau dari arah Timur

Wonosari – Bundaran Siyono – Logandeng – Lanud TNI AU Gading – Tahura Bunder – Rest Area Bunder – Pertigaan Sambipitu memutar belok kanan – Pertigaan ke kiri menuju arah Bobung – Plumbungan – Bobung – Balai Padukungan Gunungbutak- Pertigaan sebelum Lapangan ke kiri lihat petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba.

Ow iya, kendaraan bisa kamu parkir dengan menitipkannya ke warga sekitar yang sudah stanby di dekat lapangan voli.

Harga tiket masuk wisata air terjun Kedung Kandang

Karena area wisata ini masih tergolong baru untuk harga tiket masuk masih belum diberlakukan, akan tetapi disediakan kotak sumbangan sukarela untuk parkir dan mengelola lokasi wisata Curug Kedung Kandang.

air-terjun-kedung-kandang

Peting : Bila masih kurang jelas dengan rute tersebut diatas karena memasuki kawasan pedesaan maka Anda bisa menanyakan kepada penduduk desa setempat. Tenang saja, warga di kawasan wisata ini sangat ramah-ramah dalam menghormati tamu atau wisatawan yang datang untuk berkunjung ke lokasi air terjuan.

Itulah sedikit ulasan serta rute menuju kawasan wisata air terjun Kedung Kandang Gunungkidul Yogyakarta. Semoga bermanfaat.