Friday , 19 July 2019
Home > Wisata Alam > Air Terjun Aling-Aling Bali, Unik dan Cantiknya Si Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling Bali, Unik dan Cantiknya Si Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling Bali – Berbicara tentang Bali memang gak ada habisnya, apalagi jika kita pergi untuk berwisata pantai atau berwisata alam kesana pasti sangat mengesankan. Semua orang tentu tidak asing dengan pantai kuta, pantai pandawa, atau pantai-pantai lainnya yang masyhur yang ada di Bali. Namun, tahukah sobat traveller jika di Bali tidak hanya menawarkan wisata pantai yang eksotis tetapi juga menyuguhkan wisata alam yang sangat menarik dan unik. Nah, salah satu wisata alam unik yang ada di Bali adalah Si Aling-Aling, air terjun nan cantik dan unik yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Baiklah sobat traveller, kalian pasti sudah gak sabar ingin tahu seperti apa detailnya air terjun ini kan? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul

Lokasi Si Cantik Air Terjun Aling-Aling

Bila sobat traveller ingin berwisata alam ke Air terjun Aling-Aling maka sobat harus mengunjungi Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Kalian bisa ke tempat yang eksotis ini dengan mengikuti rute Jalan Raya Denpasar menuju Singaraja lalu ke Sukasada dan terakhir sampai di Desa Sambangan. Bila sobat traveller berangkat dari arah Denpasar maka kalian harus menempuh jarak 80 KM, cukup jauh ya? tapi itu akan terasa dekat ketika sobat sampai dilokasi air terjun. Kalau kalian ke Bali naik pesawat maka jarak dari Bandara Internasional Ngurah Rai sekitar 110 KM dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Uniknya Si Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Dengan guyuran air dari ketinggian tersebut membuat air yang jatuh ke dasarnya menjadi cukup deras. Sobat traveller bisa menyaksikan jika air terjun ini diapit oleh tebing-tebing yang kokoh yang memperindah pemandangan disekitarnya. Selanjutnya, didasar air terjun merupakan kolam yang memiliki kedalaman sekitar 4 meter, cocok sekali kan untuk berenang atau berendam?

Keunikan air terjun ini memiliki dua aliran yang jatuh dari puncaknya. Debit air dari keduanya berbeda dimana aliran air sebelah kanan jauh lebih besar dibandingkan aliran sebelah kiri. Nampaknya, keberadaan dua aliran itu membuat Si Aling-Aling terlihat lebih Eksotis.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Travellers di Aling-Aling

Sebelum sobat traveller sampai di Air terjun Aling-Aling, sobat bisa langsung merasakan tantangan rute menuju lokasi air terjun. Rute menuju air terjun ini berupa jalan setapak yang mana disamping kiri dan kanan jalan ada pemandangan persawahan hijau yang memanjakan mata. Bagi pecinta jelajah tentunya melewati rute ini akan menjadi sesuatu yang bisa meningkatkan semangat untuk segera sampai ke lokasi air terjun.

Setelah sampai di Air Terjun Aling-Aling, sobat traveller bisa melakukan kegiatan seperti berenang dan menyaksikan indahnya guyuran air yang jatuh dari puncak menuju dasar air terjun. Gemericik air akan meningkatkan semangat para traveller, seolah-olah mengajak kalian untuk menceburkan diri dengan berenang maupun berendam didalam sejuk dan dinginnya air Si Aling-Aling.  

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk – Ternyata untuk memasuki Air Terjun Aling-Aling ini tidak dipungut biaya hanya harus membayar biaya parkir. Hum, kalau gini pasti sobat traveller sudah gak sabar untuk pergi ke Air Terjun Aling-Aling kan? Langsung saja sobat prepare dan bergegas menuju tempat wisata ini dijamin tidak akan menyesal bila sampai disana.

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *